Plasahosting Blogs
Web Hosting murah Indonesia

Cara Upload file dengan Software FTP ke server hosting

January 28th 2007 in Artikel

Cara Upload berikut bukan hal yang baru lagi dan sudah sering dilakukan oleh webmaster, namun perlu diulas untuk NEWBIE yang belum pernah upload.

Pada artikel ini, anda perlu software FTP terinstall di komputer anda. Silahkan anda download di http://www.plasahosting.com/download.php.

Selain software yang ditampilkan pada alamat diatas, anda juga bisa menggunakan software ftp lain yang anda miliki.
Gambar-gambar dibawah menggunakan software gFTP yang berjalan pada Sistem Operasi Linux. Gunakan software FTP untuk windows bila anda pengguna windows. Tampilan pada masing-masing Software ftp tentu akan berbeda, namun memiliki kemiripan dari cara kerjanya.

Disarankan menggunakan software WS_FTP yang cocok dengan konfigurasi server menggunakan Cpanel.

Langkah-langkah menggunakan Software FTP :

1.Aktipkan Software FTP anda
2.Ketikan nama domain anda sebagai host, masukan username dan password dari cpanel anda dan tekan Enter.
Ketiga informasi diatas sangat penting diperhatikan, kesalahan akan menyebabkan gagal login.

Bila ada option port, masukan angka 21 atau biarkan kosong.

3.Dengan mengetikan informasi yang benar dari host,username dan password anda, secara otomatis akan masuk ke home directory anda di server.

Setelah sukses login, tampilan kurang lebih seperti terlihat pada gambar, pada jendela bagian kiri menampilkan lokal komputer dan jendela bagian kanan menampilkan file-file dan folder dari remote server.

4.Masuk ke folder public_html yang terlihat di remote server dengan melakukan double click pada folder tersebut

Folder public_html dijadikan folder default untuk menyimpan file-file dari websites anda, dan folder ini harus ada pada sistem yang menggunakan Linux/Unix.

Jangan sampai salah upload, kadang anda upload ke home directory yang menyebabkan websites anda tidak pernah berubah tampilannya karena salah upload.

Bila anda sudah masuk ke folder public_html, pada remote status akan tampil keterangan posisi folder seperti “/public_html”

Kadang folder ini tidak ada karena salah hapus dan anda harus membuatnya secara manual.

5.Pindah ke folder di lokal komputer dimana anda menempatkan file-file dari websites anda.
Kemudian Pilih file-file websites anda yang akan di upload ke server.

Untuk bisa
memilih file lebih dari satu, anda bisa menggunakan kombinasi menekan tombol CTRL dan click mouse di file yang akan dipilih.

Untuk melakukan upload anda bisa menyeret salah satu file pada local komputer ke remote server.

atau

Gunakan tombol upload, biasanya menggunakan gambar panah ke kanan.

catatan :

File yang harus ada di folder public_html adalah index.htm atau index.html atau index.php. File file ini salah satu harus ada, karena pertama kali akan diakses ketika pengunjung masuk ke situs anda.

Urutan file yang dibaca terlbih dahulu index.php, bila index.php tidak ada akan dibaca index.html, bila index.html tidak ada akan dibaca index.htm. Bila semuanya tidak ada, websites anda akan menampilkan daftar file dan folder yang ada di websites anda.

Mengingat server menggunakan Linux, sebaiknya hati hati dengan bentuk huruf dari file file anda. misalnya file index.html akan berbeda dengan INDEX.HTML

Contoh gambar dibawah menggunakan software Filezilla ftp, dapat di download di :
http://filezilla-project.org/download.php?type=client

Tips lainnya :
Anda bisa membaca artikel Tips Upload Cepat dgn Cpanel sebagai alternatif Upload dengan Software FTP.
Upload bisa lebih cepat dgn membaca artikel tersebut.

atau

Manfaatkan FTP command line untuk upload file ke server
Tips ini khusus dalam keadaan darurat dan mahir menggunakan perintah/command line dari FTP.

Download Versi file PDF

Gunakan software FTP untuk windows bila anda pengguna windows.

25 comments to...
“Cara Upload file dengan Software FTP ke server hosting”
Avatar
ibeqz

indonya bagus juga jgn lupa komen balik yakhhh,,,,


Avatar
janu

ok cot thanks info ny…

tambahin lg dung biar kompli lagi


Avatar
Eko maryono

Bisa saya download program FTP-nya ? saya kesulitan untuk mengupload halaman web saya


Avatar
admin

Silahkan anda download dari menu berikut :
http://www.plasahosting.com/download.php


Avatar
adi

bagusan mana
sama filezilla mas…??


Avatar
admin

Semua software ftp fungsinya sama.
sangat tergantung dari kesukaan masing masing orang.


Avatar
naufal

halo semua…

saya baru mau belajar buat situs…

udah beli di plasa hosting, tapi nggak bisa ngebuatnya

gimana ya..? ada yang bisa bantu

coba deh kunjungi..www.counterherbalq.com

terima kasih

salam


Avatar
Shinta

bgmna klw systemnya MS Windows?pa caranya sama?


Avatar
admin

apapun OS nya, caranya tetap sama


Avatar
adi

Mas… saya sudah menghapus semua folder yang ada pada server saya binggung ketika saya upload website saya yng muncul index of dan harus mengklik indexnya dulu,… saya pengen nya begitu di ketik http://www.amik-intelcom.ac.id maka website langsung muncul mas…


Avatar
admin

halaman utama harus berupa index.htm, index.html atau index.php


Avatar
Teguh

terimah kasih atas sarannya ?


Avatar
natahillah

terima kasih atas informasinya kalau upload web menggunakan flash gimana ya


Avatar
MPACEH

kleuar pesan ini saat ekstrak server file manager apa artinnya
public_html exists but is not directory
unable to process public_html


Avatar
RF

Aduh… aku masih bermasalah dengan konfigurasi ftp-an.
dah brp kali aku coba, tp gagal2. apa mesti disetting di cPanel?


Avatar
Mas Joko

Yth. Admin
Sy pemula bnget dlm mmbuat Web, krn ktrbatasn dan kekuranga. juga krn kbutuhan yg memaksa mmbuatnya. buka2 dr google.
-Dpt Domain gratis dr : http://www…….co.cc
-Dpt hosting gratis dr : Freehostia
Menyusun naskah,data2,dan foto2 dgn menggunakan : Microsoft Office Publiser
dgn hsl : file:///C:/Documents%20and%20Settings/xxx/Desktop/index.htm
Bgamana meng upload sehingga file tsbt bisa tampil di web tsbt.

Juga bagaimana untuk merobahatau memperbaharui data2 dan foto2 dlm web tsbt.

Terimakasih.

Jika berkenan Mas Admin bisa memberikan panduan dan petunjuknya lwt email sy : si_sip@yahoo.com


Avatar
Mas Joko

Boss mo tnya : sy dah bisa upload cmn knpa foto2 yg sy upload tdk tampil di Web ?

bandingka : http://www.duniamalam.co.cc

web sy : http://www.ayam-bangkok.com

apa yg salah Bos ???


Avatar
jona

saya mau coba mas,,bagus dan berguna infonya,,soalnya kemarin saya mau mengklaim situs di alexa saya bingung,,karena salah satu syaratnya opload file yg di berikan dari alexa ke root direktory..sedangkan kemarin saya membuat blog saya otomatis dari fantastico,,ngga ada opload file,,makanya saya ngga tau sama sekali,,sekarang saya mau coba langsung,,makasih banyak kawan


Avatar
sandy

sayabuat domain menggunakan http://www.uni.cc trus pake server hostingnya free hostia.. trus upload file,, tp ko ga connect ya,, pas di msukin almt web nya mlh mask ke uni,cc.. anehhh jd bingungg… mohon penserahan,,


Avatar
Facebook second

kalau upload file query.php dan rewrite.php ke hosting


Avatar
zaimarx

terimakasih atas informasinya..
keep sharing pa.


Avatar
uki

kbanyakan gagal pkek filezilla …..


Avatar
admin

Semua software ftp cara kerjanya sama. yang perlu diperhatikan remote folder. kesalahan remote folder akan tampil error.


Avatar
grosir crystal x

transfer datanya di enkripsi g ya bos?


Avatar
Admin

FTP tidak menggunakan enkripsi. gunakan file manager di cpanel bila menginginkan enkripsi.




required



required - won't be displayed


Your Comment:

Current day month ye@r *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.




When you first startup frontpage you will have a window open similiar to the one shown below.

- Make sure your website is open, For this guide we will be using a very simply page that just says the words “example”
- Your homepage needs to be named “index.htm” or “index.html” to properly display. The name MUST [...]

Previous Entry

www.plasahosting.com
^ ^ ^
| | [...]

Next Entry